top of page

Game dan Algoritma

Ada banyak cara untuk menyelesaikan sebuah game, tergantung dari jenis game yang dimainkan. Ada yang diselesaikan dengan memilih langkah terbaik dari berbagai kemungkinan, ada pula yang diselesaikan dengan cara mendominasi sejumlah unit yang digunakan dalam bermain. Berikut 5 game sederhana beserta algoritma yang digunakan.



1. Othello


Othello merupakan game yang dimainkan oleh dua orang pada papan 8x8. Permainan dimainkan dengan meletakkan biji othello (berwarna hitam atau putih) ke papan permainan. Permainan ini dianggap selesai apabila salah satu pemain berhasil mendominasi papan permainan sehingga pemain lainnya tidak memiliki ruang untuk meletakkan biji othellonya.


Algoritma yang digunakan adalah algoritma Greedy, algoritma yang mencari kemungkinan untuk mendapatkan tempat sebanyak-banyaknya pada permainan ini. Kunci dari permainan ini adalah kepemilikan sudut papn oleh pemain. Apabila pemain berhasil menguasai banyak sudut, maka bisa dipastikan pemain tersebut akan memenangkan permainan.




2. Catur


Catur adalah permainan pikiran yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.


Algoritma yang digunakan adalah Tree Search. Algoritma tersebut merupakan algoritma yang mencari semua kemungkinan pergerakan bidak-bidak dari pemain dalam sebuah giliran. Nantinya akan dipilih pergerakan terbaik untuk memenuhi giliran pemain.




3. Candy Crush Saga


Candy Crush Saga merupakan permainan video dimana pemain harus menekan 3 buah atau lebih kotak dengan warna/simbol yang sama yang terletak berdampingan secara vertikal atau horizontal. Pemain dianggap memenangkan permainan apabila pemain berhasil mencapai nilai setara atau melebihi batasan nilai yang diberikan dalam permainan dalam waktu yang telah diatur.


Algoritma yang digunakan adalah algoritma Tree Search dan Greedy, dimana pemain berupaya mencari cara terbaik mendapatkan kotak dengan warna/simbol yang sama sehingga bisa mendapatkan nilai setingi-tingginya.




4. 2048


2048 merupakan sebuah permainan yang dimainkan sendiri, dimana pemain menggeser kea rah atas, kiri, bawah atau kanan sehingga 2 kotak atau lebih dengan nilai yang sama bergabung dan berubah nilai sesuai dengan nilai pada kotak yang tergabung.


Algoritma yang digunakan dalam permainan ini adalah algoritma Greedy, dimana pemain berusaha mendapatkan nilai tertinggi dengan cara menggeser kotak yang tersedia dalam game.




5. Brain Dots


Brain Dots merupakan permainan dimana pemain menggambarkan objek 2 dimensi untuk menabrakkan 2 buah bola yang tersedia. Pemain hanya diberi kesempatan menggambar sebanyak satu kali, seteah itu bola akan bergerak kebawah dan meluncur mengikuti bentuk dari objek yang diberikan. Pemain dianggap berhasil apabila pemain mampu menabrakkan 2 bola.


Algoritma yang dipakai pada permainan ini adalah algoritma Tree Search, dimana pemain mencari kemungkinan-kemungkinan bentuk objek yang digambar agar bisa menabrakkan 2 buah bola yang tersedia pada permainan.








Sumber:


Featured Posts 
Recent Posts 
Find Me On
  • Facebook Long Shadow
  • Twitter Long Shadow
  • YouTube Long Shadow
  • Instagram Long Shadow
Other Favotite PR Blogs
Serach By Tags
No tags yet.
bottom of page